Organisasi Di Dalam Keluarga

Keluarga merupakan sarana awal didalam perkembangan sifat suatu individu dimana didalam keluarga sendiri individu tersebut akan belajar secara alamiah mengenai hal-hal yang ada disekitar. Perlu adanya suatu kegiatan dalam mengelola keluarga agar terjalin keharmonisan dan keselarasan diantara individu, oleh karena itu perlu adanya suatu organisasi dalam keluarga. Semua individu yang berada didalam keluarga memiliki perannya masing-masing untuk tercapainya keharmonisan serta keselarasan, mulai dari Ayah sebagai pemimpin keluarga, ibu sebagai pembina rumah tangga, dan anak-anak sebagai anggota-anggotanya dalam organisasi di keluarga. Perlu adanya komunikasi yang terjalin untuk menyatukan individu-individu dalam hal menjaga setiap invidu agar tidak terjadi kesalah pahaman antar individu.

Mula-mula ayah, peran seorang ayah sebagai  seorang pemimpin disini ayah bertugas untuk menentukan  tugas dari masing-masing indicidu didalam keluarga, mulai dari tugas untuk ibu dan anak-anak mereka. Seorang ayah harus bersikap tegas dalam hal memilih serta menentukan kebijakannya, karena salah sedikit dalam memilih dan menentukan akan mengakibatkan perubahan yang sangat drastis dalam pembentukan sikap terhadap anak-anak. Sebagai seorang pemimpin pada umumnya, ayah harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukan para anggota keluarga. Menjadi seorang pemimpin bagi ayah merupakan suatu kewajiban.

Selanjutnya, peran ibu sebagai pembina rumah tangga maksudnya adalah pengganti ayah ketika ayah sedang mencari nafkah unutk keluarga. Ibu disini memegang peran penting dalam membentuk sikap anak-anak, dimana ibu harus memberikan pelajaran serta contoh-contoh yang baik dalam masa pertumbuhan anak-anak. Selain itu, seourang ibu harus pintar  dalam mengelola keuangan keluarga agar arus kas uang dapat terkontrol. Sebagai seorang pembina rumah tangga naluri seorang ibu sangatlah dibutuhkan untuk membantu perkembangan anak-anak.

Yang terakhir yaitu anak. Anak disini sebagai anggota dari keluarga, tugasnya adalah menjalankan apa yang telah ayah serta ibu perintahkan. Sebagai seorang anak, mereka harus patuh terhadap ayah dan ibu. Setiap individu didalam keluarga harus saling pengertian dan tenggang rasa sehingga tidak terjadi konflik didalam keluarga. Pada intinya yang terpenting dalam keluarga adalah komunikasi yang terjalin dan sikap saling terbuka kepada setiap individu sehingga akan terciptanya keharmonisan dan keselarasan didalam keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: